Wednesday, November 14, 2018

Stan Lee, Kreator Spider-Man, Meninggal

Komikus dunia Stan Lee, yang sudah merubah lanskap jenis superhero dengan membuat banyak tokoh jagoan yang di cintai di semua dunia, sudah wafat pada umur 95 tahun, Senin (12/11) waktu ditempat. Lee ialah kreator tokoh Spider-Man, dan The Fantastic Four serta The Incredible Hulk. Ia wafat di Cedars-Sinai Medical Center, Los Angeles. Pada sebuah tahun paling akhir ia melawan beberapa permasalahan kesehatan, termasuk juga pneumonia serta masalah pandangan.

Menjadi penulis di Marvel Comics dan jadi penerbit/publisher perusahaan yang sama, ia sudah menggairahkan industri narasi fiksi superhero yang disukai beberapa pembaca anak muda, tapi masih mengutamakan pada jalan cerita yang mutakhir, dialog tingkat perguruan tinggi, satir, science fiction, serta bahkan juga berfilsafat. Perkataan duka cita ikut hadir dari account Twitter DC Comics, yang adalah pesaing Marvel Comics.

Baca Juga : Park 23 XXI Kuta Bali dan Jadwal Bioskop XXI Kuta Bali

Juta-an orang menyongsong baik bergabungnya beberapa tokoh rekaan ia termasuk juga Spider-Man, Hulk, serta X-Men dalam film-film yang launching akhir-akhir ini. Ia sempat juga mengerjakan proyek-proyek baru seperti film layar-lebar "Black Panther" serta "Doctor Strange", dan serial tv "Agents of S.H.I.E.L.D" serta "Guardians of the Galaxy."

"Saya duga kebanyakan orang suka pada beberapa hal yang semakin besar dari kehidupan. Saya mengatakan menjadi dongeng untuk golongan dewasa," katanya dalam satu interviu dengan The Associated Press pada 2006.

"Kita tumbuh dengan dongeng mengenai raksasa, ogre, serta penyihir. Well, Anda telah lebih tua serta sangat tua untuk membaca dongeng. Tapi saya tidak sempat memandang Anda sangat tua untuk menyukai beberapa hal semacam itu, beberapa hal yang semakin besar dari hidup, yang magis serta begitu imajinatif."

Lee memandang buku komik menjadi karya seni. Jika dihitung, sehari-hari saat 10 tahun ia melahirkan satu buku komik baru. "Saya telah menulis sangat banyak sampai saya tidak tahu kembali. Saya mungkin telah menulis beberapa ratus atau beberapa ribu (buku komik)."

Beberapa pahlawan rekaannya begitu berlainan dengan beberapa tokoh yang tetap tampil baik hati ciptaan DC Comics, seperti Superman. Beberapa personil The Fantastic Four tetap berkelahi keduanya, Spider-Man jadi superhero sebab ego Peter Parker, yang diterpa permasalahan keuangan serta ketombe.

Baca Juga : Jadwal XXI Park 23 Kuta Bali dan Level 21 XXI Premier Denpasar

The Silver Surfer, alien yang dikutuk berkeliling-keliling atmosfer bumi, tetap bicara masalah karakter jelek manusia. Hulk tidak suka pada dianya. Daredevil buta, serta Iron Man miliki hati yang lemah. "Kedahsyatan beberapa tokoh ciptaan Stan Lee ialah mereka memprioritaskan ciri-ciri, baru lalu jadi superhero," kata Jeff Kline, executive producer serial tv animasi "Men in Black" dalam satu interviu pada 1998.

Beberapa tokoh karya Lee jadi lambang pergantian sosial. Cerita hidup Spider-Man memvisualisasikan keadaan Amerika pada 1960an, sesaat The Black Panther serta The Savage She-Hulk menggambarkan perjuangan grup minoritas serta wanita.

Lee menulis sendiri sejumlah besar komik Marvel pada 1960an, termasuk juga Avengers serta X-Men yang abadi sampai saat ini. Pada 1972, ia jadi penerbit/publisher Marvel serta direktur editorial; empat tahun lalu 72 juta komik Spider-Man terjual.

Lee ikut menerbitkan beberapa buku, diantaranya "The Superhero Women" pada 1977 serta "How to Draw Comics the Marvel Way" tahun selanjutnya, saat ia dinobatkan menjadi penerbit/publisher terunggul oleh Periodical and Book Association of America.

CBS lantas jadikan Hulk menjadi serial tv yang sukses, dimainkan oleh Bill Bixby serta Lou Ferrigno pada 1978-82. Serial Spider-Man tayang dengan singkat pada 1978. Dua film itu ikut dibikin vs animasinya.

Baca Juga : Jadwal Bioskop XXI Premier Denpasar dengan Jadwal XXI Level 21 Premier Denpasar

Film beranggaran besar pertaamanya ialah "X-Men" yang sukses pada 2000, membuahkan lebih dari US$ 130 juta di Amerika Utara saja. Sesudah itu "Spider-Man" yang lebih sukses kembali dengan penghasilan melebihi US$ 400 juta pada 2002.

Kematian Lee bersamaan dengan Hari Veteran, serta kebetulan ia sempat bekerja di militer AS pada Perang Dunia II bersama dengan U.S. Army Signal Corps pada 1942-1945. Lee diberitakan mendaftarkan ke militer sesudah dengar serangan Jepang di Pearl Harbor. Dalam upload terakhir kalinya di sosial media, ia mengatakan selamat Hari Veteran serta share fotonya saat masih tetap bekerja. Pada 2017, istrinya Joan wafat pada umur 93 tahun.

No comments:

Post a Comment